WhatsApp, Facebook, dan Instagram Kembali online setelah down selama 6 jam

Royalnews.id – Pengguna Whatsapp, Facebook, dan Instagram dilaporkan dapat mengakses kembali platform media sosial tersebut setelah hampir enam jam down.

Sebelumnya, warganet di hampir seluruh dunia, pada Senin malam (4/10/2021) mengeluh karena tidak dapat mengirim atau menerima pesan atau menyegarkan umpan berita mereka.

Facebook mengatakan:

“Kepada semua orang dan bisnis di seluruh dunia yang bergantung kepada kami, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pemadaman di seluruh platform kami.

Kami telah bekerja sekeras yang kami bisa untuk kembali memulihkan akses, dan saat ini sistem kami telah aktif kembali.

Penyebab mendasar dari pemadaman ini juga mempengaruhi banyak alat dan sistem internal yang kami gunakan dalam operasi sehari-hari, memperumit upaya kami untuk mendiagnosis dan menyelesaikan masalah dengan cepat.

Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengkoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi jaringan.

Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data berkomunikasi, membuat layanan kami terhenti.

Sekarang layanan kami telah kembali online dan kami secara aktif bekerja untuk mengembalikan sepenuhnya ke operasi reguler.

Kami ingin menjelaskan bahwa akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah.

Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna dikompromikan sebagai akibat dari waktu henti ini.”

Dalam sebuah postingan Facebook setelah layanan dipulihkan, Kepala Eksekutif Mark Zuckerberg menulis: “Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger akan kembali online sekarang.

“Maaf atas gangguan hari ini – saya tahu betapa Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi.”*

Leave A Reply

Your email address will not be published.