Unik! Anggota Fraksi PKB Kompak Sarungan Saat Rapat Paripurna DPR RI

Seluruh anggota DPR pria dari Fraksi PKB kompak mengenakan sarung berwarna hijau. Sementara anggota perempuan mengenakan setelah kebaya hijau dan hampir semuanya berkerudung hijau.

Royalnews.id, Jakarta – Anggota DPR RI Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) tampil beda saat menghadiri rapat paripurna DPR, Senin (1/11/2021).

Seluruh anggota DPR pria dari Fraksi PKB kompak mengenakan sarung berwarna hijau. Sementara anggota perempuan mengenakan setelah kebaya hijau dan hampir semuanya berkerudung hijau.

Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Santri Nasional yang jatuh pada Jumat 22 Oktober lalu.

Langkah tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Santri sekaligus hari lahir (harlah) Fraksi PKB DPR RI yang ke-22 tahun.

“Hari ini karena masih dalam momentum 22 Oktober, Hari Santri Nasional. Pas kita memasuki paripurna pertama, karena PKB komitmennya terus menerus memperjuangkan apa yang selama ini boleh dikatakan ‘termarjinalkan’, kaum sarungan atau santri atau para ulama itu,” ujar Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurizal di Kompleks Parlemen Senin (1/11/2021).

Menurut Cucun, sarung adalah budaya busana khas santri yang sehari-hari dipakai saat menempuh pendidikan di pesantren maupun ketika sudah berkiprah di tengah masyarakat.

Ia menambahkan, dengan mengenakan sarung dalam forum resmi kenegaraan juga menjadi simbol jika saat ini peran santri telah resmi diakui negara melalui berbagai regulasi kebijakan maupun kesetaraan perlakuan.

“Jika di masa lalu ada upaya untuk meminggirkan peran santri dan pesantren, Alhamdulillah saat ini negara memandang pesantren sebagai entitas penting sebagaimana entitas lain dalam upaya bersama membangun Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut, Cucun mengaku bersyukur perjuangan fraksinya dalam mendorong berbagai regulasi untuk pesantren dalam beberapa tahun terakhir membuahkan hasil positif, seperti menginisiasi pembentuk UU Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren hingga mengawal realisasi dana abadi pesantren.

“Kami tentu bersyukur mampu mengoptimalkan peran kami di parlemen baik melalui penganggaran, legislasi, maupun pengawasan untuk melahirkan berbagai kebijakan yang berpihak kepada santri dan pesantren di Indonesia,” terangnya.

Ia menerangkan bahwa PKB akan terus berkomitmen mengawal kepentingan santri dan pesantren melalui perjuangan di parlemen.

Sebagai informasi, DPR menggelar Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022 pada hari ini. Hal ini menandakan DPR kembali aktif bersidang setelah menjalani masa reses sejak 8 hingga 31 Oktober 2021.

Dalam Rapat Paripurna yang dipimpin Wakil Ketua DPR dari Fraksi PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ini juga dilantik sebanyak lima anggota pergantian antarwaktu (PAW).

Mereka yang PAW antara lain Diah Nurwita Sari Fraksi PKS daerah pemilihan Jawa Barat 2 menggantikan almarhum Adang Sudrajat; Paulus Ubruangge dari Fraksi PAN dapil Papua menggantikan almarhum John Siffy Mirin.

Lalu, Aida Muslimah dari Fraksi PDIP dapil Kalimantan Selatan 2 menggantikan Syafruddin Maming; Haris Turino dari Fraksi PDIP dapil Jateng 9 menggantikan Mohammad Prakosa; serta Novri Ompusungu dari Fraksi PDIP dapil Kalsel 2 menggantikan Sulaiman Umar.*

Leave A Reply

Your email address will not be published.