Survei Jari Rakyat: Gus Muhaimin Capres Idola Kalangan Nahdliyin

"Munculnya nama Muhaimin Iskandar cukup menarik ya, beliau juga santri, Islam tradisionalis dan malang melintang dengan kiai-kiai NU, jadi dia tetap menjadi idola warga Nahdliyin."

Royalnews.id – Survei terbaru Jaringan Informasi Rakyat (Jari Rakyat) mengungkapkan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin sebagai calon presiden (capres) 2024 idola kalangan Nahdliyin. Gus Muhaimin unggul jauh atas nama-nama kandidat lainnya.

Hasil survei menyebutkan Gus Muhaimin memperoleh 24,5% suara, disusul Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 17,9%, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 17%, Ketua DPR RI Puan Maharani 9,5%, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 9%.

“Munculnya nama Muhaimin Iskandar cukup menarik ya, beliau juga santri, Islam tradisionalis dan malang melintang dengan kiai-kiai NU, jadi dia tetap menjadi idola warga Nahdliyin,” kata peneliti muda Jari Rakyat Aji Fadil dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/4/2022).

Selain itu, Gus Muhaimin disebut memiliki kedekatan emosional cukup baik dengan NU. Sebab cicit salah pendiri NU KH. Bisri Syansuri itu menempati pilihan strategis sebagai capres 2024.

“Peran ketua partai beliau juga sangat strategis ya, karena gerakannya bukan cuma kedekatan dengan kiai, tapi juga mesin partai beliau ini juga kuat,” ungkapnya.

Menurut Aji, banyaknya deklarasi dan dukungan dari sejumlah kelompok masyarakat di berbagai daerah juga menjadi faktor tingginya popularitas Wakil Ketua DPR RI itu, terutama di kalangan Nahdliyin.

“Saya juga melihat di daerah muncul deklarasi-deklarasi, seperti Gaspoll ini dalam beberapa waktu terakhir gencar melakukan kegiatan dengan menggandeng kalangan muda, ini tentu berdampak juga pada popularitas Gus Muhaimin,” tukas Aji.

Meski begitu, Aji mengaku cukup terkejut dengan popularitas Prabowo Subianto yang menempel di posisi kedua sebagai capres idola Nahdliyin. Pasalnya Prabowo sejauh ini dinilai cukup minim menjalin komunikasi dengan para tokoh-tokoh NU di banding lainnya.

“Capres-capres lain yang kurang berkomunikasi dengan kiai-kiai cukup banyak, contohnya Prabowo. Tapi cukup mengherankan dia juga menempati urutan kedua di bawah Gus Muhaimin,” ungkap aji.

Polling ini dilakukan pada 31 Maret – 7 April 2022 dan diikuti oleh 2780 responden dengan menggunakan media google form. Menurut Aji, polling adalah survei paling sederhana dan metode ini juga paling sering dilakukan oleh lembaga survei.

“Kita sebar secara acak dan proporsional melalui medsos dan media lainnya,” jelasnya.

Berikut hasil lengkap survei Jari Rakyat tentang capres idola Nahdliyin:

1. Muhaimin Iskandar 24,5%

2. Prabowo Subianto 17,9%

3. Ganjar Pranowo 17%

4. Puan Maharani 9,5%

5. Anies Baswedan 9,4%

6. AHY 6,2%

7. Ridwan Kamil 4,5%

8. Airlangga Hartarto 4,2%

9. Erick Thohir 2,7%

10. Tokoh lain 2,1%*

Leave A Reply

Your email address will not be published.