Presiden Pilih Jenderal Andika Perkasa sebagai Calon Tunggal Panglima TNI

Presiden Jokowi memilih Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun pada 8 November mendatang.

Royalnews.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI. Ia akan menggantikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun pada 8 November mendatang.

Hal itu diketahui setelah Jokowi mengirimkan surat presiden (surpres) kepada DPR, Rabu (3/11/2021). Isi surpres ini berisikan nama Andika sebagai pengganti Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Surpres tersebut dikirimkan melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yang diterima langsung Ketua DPR Puan Maharani.

“Karena itu, pada hari ini melalui Pak Mensesneg, Presiden telah menyampaikan surat presiden mengenai usulan calon panglima TNI kepada DPR RI atas nama Jenderal TNI Andika Prakasa,” kata Puan, Rabu (3/11/2021).

Setelah menerima surpres, tak butuh waktu lama bagi DPR untuk melakukan prosesi berikutnya, yakni fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan yang akan berlangsung pada hari ini, Kamis (4/11/2021) hingga Jumat (5/11/2021).

“Begitu surpres diterima hari ini, Badan Musyawarah DPR langsung menggelar rapat dan menjadwalkan fit and proper test calon panglima TNI besok (Kamis) sampai dengan Jumat,” kata Puan.

Puan mengatakan, Bamus DPR juga memutuskan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI akan segera dibawa ke Rapat Paripurna DPR pada 8 November 2021.

“Jadi dalam lima hari ke depan sudah ada keputusan DPR untuk calon panglima TNI,” katanya.

 

Profil Jenderal Andika

Andika Perkasa yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 dan sebelumnya pernah menjabat sebagai Pangkostrad merupakan menantu dari mantan Kepala Badan Intelijen Negara, A.M. Hendropriyono.

Ia menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak tanggal 22 November 2018.

Munculnya nama Andhika tidak akan mengejutkan publik. Sejak akhir tahun lalu, namanya sudah beredar luas sebagai calon Panglima TNI.

Hal ini sangat dimaklumi mengingat pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 21 Desember 1964 itu adalah perwira nomor satu di matra terkuat, yakni Angkatan Darat.

Tak hanya hebat di militer, Andika juga diketahui memiliki empat gelar dari perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Gelar tersebut yakni satu gelar PhD dan tiga gelar master yakni M.A, M.Sc, M.Phil. Di samping itu, ia juga mengantongi gelar S.E. dari perguruan tinggi dalam negeri.*

Leave A Reply

Your email address will not be published.