Perihal Pencapresan 2024, Gus Muhaimin Berikan 3 Syarat ke PKB

Gus Muhaimin memberikan tiga hal sebagai syarat utama mengenai pencapresannya di tahun 2024 mendatang.

Royalnews.id – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin terus mendapat dorongan dari kader-kadernya untuk maju menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 mendatang.

Menanggapi hal itu, Gus Muhaimin memberikan tiga hal sebagai syarat utama mengenai pencapresannya tersebut. Pertama, PKB harus berkomunikasi dengan parpol-parpol lain karena PKB tidak bisa mengusung calon sendiri akibat adanya syarat presidential threshlold (PT) 20 persen.

“Kedua, kita harus minta restu rakyat langsung apakah rakyat punya dorongan yang kuat, elektabilitas, kita harus memperhatikan itu,” ujar Gus Muhaimin kepada wartawan, Jumat (29/10/2021).

Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra itu menuturkan pada poin penting ketiga, yakni masih adanya cukup waktu untuk dimanfaatkan sebaik mungkin dalam menghadapi Pemilu 2024.

“Jadi kepada teman-teman yang semangat 45, bukan hanya semangat yang penting, tapi bisa enggak meyakinkan rakyat? Kalau semua yang semangat itu bergerak dan meyakinkan rakyat, oke. Kalau parpol-parpol ada koalisi yang baik karena PKB butuh dua lagi parpol yang bisa mengusung capres,” tukasnya.

Karena itu, Gus Muhaimin mengatakan, saat ini yang perlu dilakukan adalah bagaimana PKB terus menjajaki proses-proses koalisi dengan partai-partai lain.

Sementara ketika disinggung mengenai siapa calon wakil presiden yang akan digandeng untuk maju di Pilpres 2024. Gus Muhaimin menegaskan bahwa semua itu tergantung pada kesepakatan koalisi parpol untuk mencari cawapres yang tepat dan bisa menang.

“Sebelum sampai 20 persen PT, kita belum bisa pastikan siapa pendamping. Kita harus yakinkan dulu untuk memenuhi syarat presidential threshold 20 persen,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.