Catat, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang XVII Dibuka Hari Ini

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja membuka kembali pendaftaran gelombang XVII hari ini pukul 12.00 WIB.

Jakarta – Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja membuka kembali pendaftaran gelombang XVII untuk memenuhi kuota kepesertaan. Pasalnya, sekitar 44 ribu orang telah dicabut kepesertaannya pada gelombang XII hingga XVI.

“Gelombang XVII dibuka hari ini pukul  12.00 WIB. Kuota peserta sekitar 44.000, karena hanya memulihkan kepesertaan yang dicabut dari gelombang XII-XVI,” ujar kepala komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu dalam keterangan resmi, Sabtu (5/6/2021).

Pada semester I 2021, sebanyak 2,7 juta orang telah terjaring dan menjadi peserta program Kartu Prakerja. Namun, sekitar 44 ribu peserta dicabut status kepesertaannya, lantaran tidak membeli pelatihan pertama selama 30 hari. Dalam hal ini, sejak ditetapkan sebagi penerima manfaat.

Adapun mereka yang dicabut kepesertaannya berasal dari gelombang XII sekitar 11.000 orang, gelombang XIII-XV lebih dari 24.000 orang dan gelombang ke XVI sekitar 8.200 orang. Pada masa pandemi covid-19, program Kartu Prakerja didesain menjadi program semi bantuan sosial. Peserta program dapat meningkatkan kemampuan kerja dan mendapatkan bantuan.

Setiap peserta mendapatkan alokasi dana sebesar Rp3,55 juta. Rinciannya, sekitar Rp1 juta bisa digunakan untuk membeli pelatihan, Rp2,4 juta insentif atau bantuan sosial secara bertahap dan Rp150 ribu insentif survei diberikan bertahap tiga kali setelah peserta mengisi survei.

Tatacara menjadi peserta program Kartu Prakerja

Adapun tahapan untuk menjadi peserta program Kartu Prakerja ialah calon peserta harus membuat akun pendaftaran dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun, pendaftar akan masuk ke dashboard akun.

Pada bagian verifikasi KTP, isilah Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Kartu Keluarga (KK) berikut tanggal lahir, kemudian klik ‘Berikutnya’.

Laman akan berpindah pada kelengkapan data diri. Isilah data diri anda dengan lengkap dan benar, kemudian unggah foto KTP sesuai ketentuan.

Setelah itu, verifikasi nomor telepon, dan klik ‘Kirim’. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon anda, lalu Klik ‘Verifikasi’.

Selanjutnya, isilah pernyataan pendaftar sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Isi hingga selesai dan klik Oke.

Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar, dengan mengklik ‘Mulai Tes Sekarang’. Jika tes telah diseleksaikan, hasilnya akan dievaluasi.

Ikuti seleksi gelombang yang diinginkan, disesuaikan dengan domisili, lalu klik ‘Gabung’. Kemudian, muncul konfirmasi pilihan gelombang. Jika telah selesai, klik ‘Ya, Gabung’.

Berikutnya, muncul persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pertanyaan. Lalu, klik ‘Saya menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya’ dan tahap pendaftaran selesai.*

Leave A Reply

Your email address will not be published.