Ketua Fraksi PKB DPR RI Sampaikan Belasungkawa atas Wafatnya KH. A Nawawi Abdul Djalil

"Umat Islam sangat berduka dengan wafatnya pengasuh Pesantren yang terbukti menghasilkan banyak Ulama nusantara."

Royalnews.id – Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal menyampaikan belasungkawa dan duka mendalam atas wafatnya KH. A Nawawi Abdul Djalil, Minggu (13/6/2021).

Mustasyar PBNU sekaligus Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri itu, menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Raci Bangil Pasuruan, setelah mendapat perawatan intensif selama empat hari di RS Lavalette Malang.

“Umat Islam sangat berduka dengan wafatnya pengasuh Pesantren yang terbukti menghasilkan banyak Ulama Nusantara ini,” ujar Cucun.

Anggota Komisi III DPR itu menilai, Indonesia beruntung memiliki sosok  Kiyai Nawawi, karena Pesantren yang diasuhnya telah berhasil mendidik ribuan bahkan jutaan santri yang mampu berkontribusi besar bagi kemajuan bangsa.

“Jasa Kyai Nawawi untuk dunia Pesantren dan umat, selain mengembangkan pendidikan, Kyai Nawawi juga menjadi rujukan dalam pengelolaan pesantren yang mandiri dengan ekonomi keummatannya,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Kiai Nawawi merupakan ulama sepuh yang sangat dihormati. Baik oleh masyarakat umum, kalangan ulama maupun tokoh nasional. Kiai Nawawi juga dikenal sebagai ulama zuhud dan tawadlu’.

Dalam Muktamar ke-33 NU di Jombang, Kiai Nawawi duduk sebagai anggota Ahlul Halli Wal Aqdi (Ahwa). Ahwa yang beranggotakan 9 kiai sepuh yang bermufakat untuk menentukan kepemimpinan NU.

Kiai Nawawi menjadi pengasuh Ponpes Sidogiri sejak 2005, setelah ayahnya, KH Abdul Alim bin Abdul Djalil meninggal dunia. 

Adapun Pesantren Sidogiri merupakan pesantren tua di Indonesia, didirikan pada tahun 1745 masehi.*

Leave A Reply

Your email address will not be published.